Siswi SMP Pelita Hati School Mengikuti Imunisasi Campak dan Rubella

Jember – Hari ini, Senin (7/8/2017) puluhan siswa SMP Pelita Hati School mengikuti Imunisasi Campak dan Rubella bersama Tim Kesehatan dari Puskesmas Kec. Sumbersari, Jember.

Semua anak memiliki hak untuk hidup sehat. Hal itu diungkapkan Bupati Jember dr Faida. Bupati Faida mengajak semua pihak untuk mensukseskan program pemerintah memberikan imunisasi Campak dan Rubella pada anak usia 9-15 tahun.

“Menjadi sehat itu hak anak-anak. Dan anak-anak yang sehat merupakan investasi yang tak ternilai,” kata Bupati Faida, Rabu (2/8/2017).

Dalam kampanye imunisasi Campak dan Rubella itu pula, Faida mengumpulkan Kepala Sekolah (Kasek) PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTs se Kabupaten Jember di gedung Balai Serba Guna, Kaliwates. Bahkan sebagai tanda dimulainya bulan imunisasi Campak dan Rubella ini, Faida secara langsung menyuntikkan vaksin kepada dua siswa SMP.

Di hadapan para Kasek dan siswa, Faida mengingatkan bahwa imunisasi campak dan rubella dilaksanakan pada Agustus hingga September 2017. Imunisasi ini sangat penting bagi anak karena sifat vaksin yang mampu bertahan seumur hidup.

Pada bulan Agustus ini, imunisasi akan menyasar siswa sekolah. Sedangkan pada bulan September, imunisasi akan dilakukan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang ada di seluruh Kabupaten Jember. Setelah itu, imunisasi akan diwajibkan bagi anak usia dini. Pelaksanaannya bisa di posyandu, puskesmas atau rumah sakit.

Bupati Jember dr. Faida, MMR

“Mari kita sukseskan imunisasi ini karena kita cinta bangsa Indonesia,” ajak Faida.

Untuk mempertegas keseriusan dalam melakukan program imunisasi ini, juga dilakukan penandatanganan pakta integritas. Bahkan Faida berjanji akan turun langsung memantau pelaksanaan program ini agar tercapai serarus persen. “Target nasional di atas 95 persen. Oleh karena itu Jember menargetkan terlaksana 100 persen,” tandas Faida.

Campak merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh suatu virus. Penderita Campak biasanya memiliki ciri-ciri, badan demam dan mata merah. Ketika demam turun, di tubuh muncul bercak-bercak merah. Pada kondisi kronis, penyakit ini bisa menyerang paru-paru.

Demikian juga dengan Rubella, memiliki gejala yang hampir sama dengan Campak. Penyakit ini juga mudah menular. Ketika diimunisasi, tubuh akan memiliki kekebalan terhadap dua penyakit itu seumur hidup.

Selanjutnya, Imunisasi Campak dan Rubella akan dilanjutkan pada hari Selasa (22/8/2017) di Pelita Hati School dan akan diikuti oleh siswa-siswi dari tingkat TK dan SD.

243 View

Leave a Comment